4 Gereja Yerusalem yang Bersejarah dengan Arsitektur Unik

35 views

Yerusalem merupakan kota suci dari tiga agama besar di dunia, yaitu Islam, Yahudi, dan Kristiani. Kota ini menyimpan banyak sekali bangunan suci dan bersejarah yang dapat Anda kunjungi untuk berziarah. Anda juga bisa menyaksikan keindahan 4 Gereja Yerusalem berikut ini dengan arsitekturnya yang unik.

1. Church of The Holy Sepulchre

1200px-The_Church_of_the_Holy_Sepulchre-Jerusalem

Church of The Holy Sepulchre atau yang dikenal dengan Gereja Makam Kudus adalah bangunan suci umat Kristiani di Yerusalem. Situs ziarah ini dipercaya paling kudus di Yerusalem karena sebagai tempat penyaliban sekaligus pemakaman Yesus. Tempat ini menjadi situs peziarahan sejak abad ke-4 dan dikenal juga sebagai tempat kebangkitan Yesus.

2. The Church of All Nations

Bangunan suci umat Kristiani di Yerusalem selanjutnya adalah Gereja Segala Bangsa atau The Church of All Nations. Gereja ini dibangun oleh Antonio Barluzzi, arsitek Italia, pada tahun 1919-1924. Gereja yang terbilang megah ini dibangun di atas reruntuhan gereja pertama yang bergaya Byzantium, yang sudah dibangun di abad ke-4 M.

Berdasarkan kilas balik sejarah, gereja ini dihancurkan oleh Persia di tahun 614 M. Serdadu Perang Salib mendirikan kembali Gereja Segala Bangsa ini, namun dihancurkan kembali oleh pihak lain, sebelum dibangun kembali atas biaya dari 12 negara yang diabadikan dalam kubah gereja dengan jasa arsitektur dari Italia.

Interior gereja cenderung gelap karena menggambarkan kisah gereja yang mengalami kehancuran berkali-kali. Di Gereja Yerusalem ini juga terdapat kisah penderitaan, yaitu menyimpan batu tempat Yesus berdoa di Taman Getsemani di malam sebelum dikhianati oleh Yudas Iskariot.

3. Gereja St. Anna dan Kolam Bethesda

Dua situs yang suci ini terletak di Muslim Kuarter, kota tua di Yerusalem, tepatnya terletak di hamparan lingkungan luas. Kompleks bangunan tersebut sangat luas dengan dihiasi taman indah. Bagian ujung utara kompleks gereja terdapat reruntuhan Kolam Bethesda. Peziarah biasanya dipersilakan untuk bernyanyi bersama paduan suara gereja yang tiada duanya.

4. Chapel of Ascention

Di Yerusalem, juga terdapat gereja kecil yang lebih dikenal dengan istilah kapel. Chapel of Ascention atau Kapel Kenaikan adalah tempat ziarah yang diyakini sebagai tempat Yesus naik ke surga selama 40 hari setelah kebangkitan-Nya. Kapel ini sudah mengalami beberapa kali renovasi hingga menjadi indah seperti saat ini.

Demikianlah beberapa gereja yang terkenal dengan kemegahan arsitekturnya. Nilai religi dan sejarah di dalamnya bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke sana bersama Insight Tour. Jasa tour terpercaya ini mampu melancarkan perjalanan Anda menuju ke berbagai tempat tersebut. HTTP://INSIGHTTOUR.ID/ adalah portal info lengkap tentang paket wisatanya.

Leave a reply "4 Gereja Yerusalem yang Bersejarah dengan Arsitektur Unik"