8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming

330 views

lupinlupin.com – 8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming, 8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming

8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming

Global warming merupakan hal yang sangat krusial dan juga urgen. Kerusakan yang ditumbulkan oleh pemanasan suhu ini bukan hanya satu atau dua oranisme melainkan semua unsur yang ada di bumi. Karena itu, persoalan global warming merupakan permasalahn semua penduduk bumi bukan hanya aktivis lingkungan saja. Saat ini, tanda-tanda global warming bisa diamati dengan jelas. Salah satunya adalah suhu yang semakin meningkat, musim yang tak bisa diprediksi lagi dengan pola, cuaca ekstrim, es di kutub yang mulai perlahan mecair dan masih banyak lagi lainnya. Global warming ini kurang lebih disebabkan oleh ulah manusia. Ada banyak tindakan berorientasi pada keuntungan yang membahayakan bumi. Langkah taktis untuk mengurangi gejala ini mutlak dilakukan. Ada banyak hal cara mengatasi global warming. Cara ini sebenarnya sederhana hanya saja manusia kurang serius melakukannya. Apa saja? Simak uraian berikut ini.

Berusaha Membatasi Penggunaan Kertas Juga Tissue

Tahukan anda bahwa 12 rim kertas setara dengan 1 pohon dewasa dengan usia 5 tahun ke atas? 12 rim tersebut mungkin angka yang digunakan manusia per minggunya. Dengan demikian, boleh jadi satu manusia menggunakan 1 pohon per minggunya. Hal ini tentunya sangat mengerikan. Karena itu, salah satu cara mengatasi global warming adalah dengan menanamkan pikiran betapa berbahayanya jika kita menggunakan kertas secara berlebihan. Gunakan email saat ingin berkirim surat, gunakan perangkat CD saat ingin memuat lampiran laporan kantor, gunakan lap dan kurangi penggunaan tissue serta pakai undangan online ketimbang undangan konvensional dari kertas yang sekali berita sampai akan menjadi sampah hanya dalam waktu semenit.

Gunakan Bola Lampu Neon

Memang cahaya lampu pijar jauh lebih apik ketimbang lampu neon. Hanya saja, energi yang digunakan lampu yang serupa cahaya bulan ini sangat tinggi jika dibandingkan neon. Pemborosan energi tentu berbahaya bagi bumi.

Jangan Gunakan Screen Saver

Tahukah Anda bahwa screen saver pada laptop atau komputer Anda bisa memicu meningkatnya produksi zat emisi yang berperan mempercepat pemanasan global? Iya, ini bukan isapan jempol. Screen saver pada komputer menggunakan energi juga mengeluarkan emisi Co2. Jadi, lebih baik shut down jika Anda tak menggunakan laptop atau komputer ketimbang mengaktifkan screen saver.

Periksa Kondisi Ban Kendaraan Anda

Mungkin hal ini sepele, namun ban yang kurang baik akan membuat laju kendaraan Anda melambat dan hal ini tentu akan menambah beban polusi pada bumi. Jadi, jeli memeriksa ban Anda ya!

Buka Jendela Anda

Cara mengatasi global warming lainnya adalah dengan membuka jendela rumah Anda lebih lebar. Mengapa? Sebab sirkulasi udara yang terjebak di dalam ruangan di dalam rumah akan mengkonsumsi energi lagi. Selain itu, jika Anda membuka jendela lebar-lebar, Anda bisa merasakan kesejukan udara dan mengurangi penggunaan AC. Alat electronic berperan menyumbang gas emisi!

Memilih Pupuk Organik

Pupuk non-organik bisa menimbulkan GRK atau Gas Rumah Kaca jauh lebih besar ketimbang Co2. Terlebih jika pupuk non organik tersebut mengandung nitrogen yang akan diuran menjadi N20. Berbahaya! Gunakan pupuk organik saja. Selain sehat juga aman bagi bumi kita!

Rajin Menanam Pohon

Siapapun pasti tahu bahwa pohon merupakan penjaga bumi yang terbaik. Mereka diberi kemampuan unntuk mendaur ulang udara sehingga lebih segar, menjaga kesehatan bumi serta menjadi pengunci tanah sehingga bencana semisal longsor bisa dihindari. Tanamlah pepohonan semisal bamboo seba ia memiliki kemampuan menyerap co2 4 kali lebih besar ketimbang jenis pohon lainnya.

Gunakan Kendaraan Umum

Selain membantu mengurai kemacetan, kebiasaan Anda menggunakan kendaraan umum merupakan cara mengatasi global warming yang sederhana. Jumlah kendaraan pribadi di cukup tinggi dan berperan menyumbangkan hampir 80% polutan.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming berguna untuk anda.

Leave a reply "8 Langkah Sederhana Mengatasi Global Warming"