Cara Memasang Box Motor dengan Menggunakan Berbagai Jenis Bracket

577 views

Box motor memang menjadi sebuah trend beberapa waktu lalu di kalangan pengendara motor Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan memasang aksesoris tersebut, motor akan terlihat lebih keren dan gagah, serta kotak tersebut dapat digunakan untuk menyimpan barang agar lebih aman dan tidak mudah hilang, serta mengirit tempat. Namun, kotak tersebut tidak bisa begitu saja di taruh di bagian belakang atau bagian samping motor. Kotak ini memerlukan sebuah bracket yang mampu membantu box agar tetap seimbang dan dapat berdiri dengan tegak serta tidak jatuh saat kendaraan berjalan.

 IMG_20140517_143841

Tidak semua bracket cocok untuk semua box, Anda harus mengetahui beberapa jenis bracket yang biasanya digunakan oleh para pecinta motor. Berikut adalah jenis-jenisnya:

  1. Pengait 4 Baut

Sesuai dengan namanya, bracket ini mempunyai pengait yang menggunakan 4 baut. Jenis ini biasanya langsung dipasangkan di sub frame motor. Yang menjadi kelebihannya adalah jenis ini bisa digeser-geser sehingga lebih fleksibel dan lebih membuat nyaman pengendaranya. Bracket ini juga cocok untuk beberapa tipe motor dan box, oleh karena itu tipe ini dijuluki dengan tipe universal, dan nyatanya kebanyakan dari masyarakat Indonesia memilih tipe tersebut. Selain itu, harga bracket ini cukup terjangkau, jika Anda cek di berbagai toko online terpercaya hanya berkisar Rp. 200.000 sampai dengan Rp.250.000.

      2. Side Box

Seperti namanya, bracket ini berguna untuk digunakan di bagian samping motor. Ada berbagai merek dari bracket box motor ini dan hampir semuanya diminati oleh para pecinta motor. Jenis ini lebih banyak dipilih oleh para pengendara yang gemar melakukan touring atau yang suka berpergian jauh dengan menggunakan motor mereka. Menggunakan jenis ini memang mampu memberikan ruang yang lebih luas dari pada yang ditaruh di bagian belakang.

      3. HR Bricket Box

Bricket jenis ini sedikit berbeda dengan tipe lainnya. Jika biasanya tipe lain langsung ditancapkan ke sub frame motor, maka jenis ini mempunyai bagian penampang yang lebih panjang. Selain dipasangkan di bagian sub frame, jenis ini juga bisa dikaitkan pada baut yang ada di shockbreaker dan juga pijakan kaki bagian belakang yang biasanya digunakan untuk pijakan orang yang dibonceng. Karena hal itu, jenis ini mampu menahan berat yang lebih dan juga ruangnya lebih luas. Memang untuk jenis ini harga yang dibanderol lebih mahal dari yang lainnya yaitu sekitar Rp. 500.000 jika dibeli melalui situs belanja online dan toko online di Indonesia.

     4. Bracket Geser

Jenis terakhir dari bracket untuk memasang sebuah box di motor adalah bracket geser. Sesuai dengan namanya, jenis ini dapat digeser maju dan juga digeser mundur, sesuai dengan kebutuhan dan juga kondisi si pengendara motor. Jika ada seseorang yang dibonceng, maka box tersebut dapat digeser ke belakang, jika sendirian maka box bisa digeser ke depan dan membuat nyaman serta aman sang pengemudinya dan tidak merasa kaku atau mengalami kesulitan.

Itulah beberapa bracket yang berguna untuk memasang box motor yang dapat berguna untuk membawa barang dalam jumlah yang banyak serta membuat tampilan motor menjadi lebih unik. Rata-rata dari bricket tersebut dapat disesuaikan dengan model box dan tipe motor, jadi Anda harus pintar-pintar memilih jenis mana yang kira-kira lebih berguna untuk Anda. Harganya juga terjangkau dan mudah didapatkan, Anda bisa melihat dan mencari semua tipe tersebut di situs jual beli online terpercaya.

Leave a reply "Cara Memasang Box Motor dengan Menggunakan Berbagai Jenis Bracket"