Cara Merawat Kaktus Hias yang Tepat

161 views

lupinlupin.com – Cara Merawat Kaktus Hias yang Tepat, Cara Merawat Kaktus Hias yang Tepat

Cara Merawat Kaktus Hias yang Tepat

cara merawat kaktus hias

Dari sekian banyak jenis tanaman hias, mungkin kaktus adalah salah satu jenis tanaman yang paling banyak disukai. Bentuknya yang imut tentu dapat mempercantik rumah Anda, baik bila diletakkan dalam ruang maupun bila diletakkan di taman. Belum lagi, cara merawat kaktus ini tergolong sangat mudah. Bagi para penggemar berkebun yang masih pemula, tanaman kaktus ini tentu bisa jadi pilihan yang sangat menarik.

Tanaman kaktus ada berbagai macam jenis. Namun, secara umum, cara perawatannya kurang lebih sama saja. Dalam artikel berikut ini, Info Greget akan menyajikan sedikit tips tentang cara merawat kaktus yang tepat.

  • Pertama, kita harus tahu seperti apa sifat kaktus. Kaktus menyukai sinar matahari begitulah dengan habitat aslinya di gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati.
  • Ketika akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik; bibit dan cara menanam. Bibit kaktus dapat melalui biji atau dari anakan sendiri. Anda dapat menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tanaman ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.
  • Yang ketiga adalah tempat. Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati.
  • Yang keempat adalah pembutuhan sinar matahari pada kaktus. Jangan menaruhnya dan membiarkan ke sinar matahari langsung. Karena jika dibiarkan terlalu lama, ujung kaktus akan berubah warna karena terbakar.
  • Selanjutnya adalah wadah atau pot untuk kaktus. Wadah yang digunakan bisa yang besar ataupun kecil. Sesuaikan saja dengan ukuran kaktusnya.
  • Yang keenam adalah penyiraman. Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.
  • Cara merawat kaktus yang paling baik adalah dengan memberinya pupuk secara rutin. Kaktus juga harus diberi pupuk agar tanamannya berkembang dengan baik seperti tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK) yang dapat anda dapatkan di toko tanaman hias. Pupuk ini diberikan ke media tanamnya.

Setelah membaca uraian di atas, dapat kita lihat bahwa cara merawat kaktus lebih mudah dibanding dengan merawat tanaman hias lainnya. Beberapa jenis kaktus bisa tumbuh sendiri tanpa perlu perawatan khusus. Jadi jika Anda suka berkebun, tidak ada salahnya untuk mencoba merawat kaktus hias di rumah Anda.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Merawat Kaktus Hias yang Tepat, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Merawat Kaktus Hias yang Tepat berguna untuk anda.