Lakukan 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Jeratan Utang Bisnis

397 views

Tidak semua pebisnis memiliki tingkat kemapanan yang baik. Bahkan tidak sedikit pebisnis yang harus berutang demi mempertahankan proses operasional bisnisnya. Sebenarnya hal ini tidak jadi masalah kalau kita bisa membayar utang dengan lancar.

060965600_1447822604-673x373-B

Sayangnya, ada banyak kekeliruan yang dilakukan pebisnis hingga akhirnya terjerat utang. Agar terhindar dari jeratan utang bisnis, sebaiknya kita melakukan 4 hal ini saat mengalami kendala finansial :

Hindari Pinjaman yang Bunganya Tinggi

Pinjaman dengan bunga tinggi hanya akan membuat kita kesulitan saat harus membayarnya. Jadi, usahakan untuk tidak meminjam uang dengan bunga lebih dari 10%. Lebih baik kita meminjam uang dari lembaga terpercaya milik pemerintah yang bunganya lebih rindan dan prosedurnya lebih mudah.

Membuat Perkiraan Waktu dengan Cermat

Jangan membuat perkiraan waktu pembayaran utang secara tergesa-gesa. Lebih baik kita menetapkan waktu yang lebih lama. Jika sudah memiliki biaya yang cukup untuk membayar utang, maka kita pun leluasa membayar utang sebelum tanggal jatuh tempo. Dengan demikian, kita akan terhindar dari denda atau hal-hal tak terduga lainnya saat belum mampu membayar utang.

Mengandalkan Konsep Peer to Peer

Konsep peer to peer membuat para peminjam dana bisa berhubungan langsung dengan investor yang memberikan dana. Kini fasilitas pinjaman secara peer to peer bisa diperoleh di Mekar.id. Proses yang dilakukan oleh Mekar.id cukup ketat dan terencana. Pihak pengembang bisnis yang akan meminjam modal akan diseleksi untuk menjamin keamanan dana milik para investor. Selanjutnya, investor pun bisa memilih peminjam dana berdasarkan rating keamanan dan jumlah pinjaman. Dana yang dipinjam mesti dikembalikan dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Membayar dengan Sistem Angsuran

Tak jadi masalah kalau kita terbebani dengan jumlah utang yang besar. Karena kita bisa menyiasatinya dengan sistem angsuran. Cobalah untuk mengangsur utang secara teratur setiap bulan. Maka nanti utang kita akan lekas lunas dan tidak menjadi beban lagi. Ketika memiliki dana berlebih, kita pun bisa membayar utang lebih cepat daripada waktu yang disepakati.

Asalkan kita memiliki kemampuan untuk membayar utang, maka kita tak perlu khawatir dengan utang-utang untuk mengembangkan bisnis. Pengelolaan keuangan yang baik adalah kunci perputaran dana dalam menjalankan suatu bisnis.

 

Leave a reply "Lakukan 4 Hal Ini Agar Terhindar dari Jeratan Utang Bisnis"