Makeover Rumah secara Total? Kenapa Tidak!

781 views

Setiap tahun, semua manusia butuh adanya suasana baru, baik itu suasanabaru yang ada di dunia kerja, dunia pendidikan, dunia pertemanan, maupun sekedar suasana baru yang ada di rumah masing-masing. Merubah suasana rumah secara renovasi total mungkin bukanlah solusi yang tepat bagi Anda yang sedang menabung untuk hal yang lebih mendesak lainnya, kecuali renovasi yang rumah Anda butuhkan memang sangat mendesak untuk diperbaiki sesegera mungkin seperti misalnya kasus atap yang bocor, saluran air yang mampet, dinding yang sudah mengeropos dan lain sebagainya.

dekorasi rumah

Lalu, apa yang harus Anda lakukan bila Anda ingin mengganti suasana rumah tanpa harus merogoh kocek terlalu banyak seperti saat Anda membuat rumah secara menyeluruh memulainya dari awal lagi? Makeover rumah lah jawabannya! Makeover adalah kegiatan mempercantik baik interior maupun eksterior rumah Anda tanpa merobohkan atau membangun sesuatu.Makeover rumah sangat penting karena rumah seseorang mencerminkan kepribadian pemiliknya. Rumah yang gelap dan lembab mencerminkan kepribadian pemilik yang cenderung jorok, cuek, dan tidak suka beraktifitas. Sedangkan rumah yang segar, cerah, dan bersih mencerminkan kepribadian pemilik yang periang, aktif, dan rapih.

Yang Anda lakukan saat melakukan proyek makeover atau mempercantik rumah adalah menambah pajangan atau hiasan di dalam rumah, merapihkan rumah dari barang yang sudah tak lagi digunakan, mengatur tata letak furniture ruangan, dan lain-lain. Simak tips berikut ini agar proyek makeover rumah Anda berjalan lancar dan rumah Anda memberi aura serta suasana baru yang nyaman untuk Anda dan keluarga!

Makeover Ruang Tamu

Ruang tamu Anda mungkin adalah ruangan paling terbuka yang ada di dalam rumah. Ruang tamu adalah sisi pertama dari rumah Anda yang akan menentukan tanggapan orang lain mengenai rumah Anda, jadi pastikan ruang tamu Anda terbebas dari debu, noda, dan sampah yang berserakan.

Mendominasi ruang tamu dengan perpaduan warna yang cerah dan juga hangat selalu menjadi pilihan yang baik. Warna cerah dan hangat, selain membuat Anda dan tamu Anda merasa nyaman, juga membantu Anda menghemat biaya listrik di siang hari karena ruang tamu yang didominasi oleh warna cerah tidak perlu lampu untuk menerangi ruangan di siang hari.

Tempatkan lukisan atau pajangan yang sesuai dengan selera Anda dan yang dapat menghidupkan suasana ruang tamu Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengakali sofa ruang tamu yang terkesan ‘kaku’ menjadi homey dengan cara menempatkan bantal ukuran kecil dengan motif atau warna yang cerah serta melapisi ruang tamu Anda dengan karpet yang halus sehingga baik tamu maupun Anda sekeluarga merasa betah untuk menghabiskan waktu di ruang tamu.

Makeover Dapur dan Ruang Makan Sekaligus

Dapur dan ruang makan yang menyatu tidak melulu memberi kesan sumpek, dengan penataan dan penempatan serta tingkat kreatifiras yang tinggi, dapur dan ruang makan Anda bisa berpenampilan bak dapur dan ruang makan di hotel-hotel ataupun film terkenal. Susun peralatan dapur Anda secara terorganisir, urutkan panic berdasarkan ukuran, mangkok berdasarkan kegunaan, dan lain sebagainya. Singkirkan noda yang menempel di wastafel, kompor, dan oven Anda setiap kali dapur digunakan. Lalu pasang pengharum ruangan yang alami seperti bunga lavender atau melati. Selain sebagai pengharum ruangan yang alami, bunga lavender juga ampuh mengusir serangga pengganggu seperti nyamuk dan lalat yang sering hinggap di makanan. Menggunakan pewangi ruangan yang tidak alami berbahaya untuk diletakkan di dapur dan ruang makan karena dapat mengontaminasi rasa makanan Anda dan keluarga.