Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan

129 views

lupinlupin.com – Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan, Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan

Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan

Img credit : Detoxinista.com

Anda mungkin sudah sering mendengar pernyataan bahwa coklat selain memiliki rasa yang lezat juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Pernyataan tersebut memang tidak keliru, namun juga tidak sepenuhnya benar. Pada umumnya jenis coklat yang paling banyak dijual di pasaran adalah milk coklat yang mengandung banyak sekali lemak. Jenis coklat ini memang masih sehat tetapi karena kandungan gula dan lemaknya cukup tinggi, menjadikannya kurang bersahabat bagi kesehatan.

Sebenarnya, jenis coklat yang digembar-gemborkan memiliki banyak sekali manfaat adalah dark chocolate atau yang biasa kita sebut dengan coklat hitam. Jenis ini memang jarang ditemukan di pasar kecil, namun jangan pernah meremehkan kedahsyatan khasiatnya. Jenis coklat ini mengandung sekitar 70% bubuk cacao, yang berarti lebih banyak antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Berikut ini beberapa manfaat coklat hitam bagi kesehatan yang harus Anda ketahui :

  1. Coklat hitam diketahui mampu meningkatkan aliran darah yang juga mengurangi risiko pembekuan darah. Lancarnya aliran darah tersebut mampu mempertahankan kinerja otak dan jantung agar bekerja secara normal.
  2. Flavonoid yang terkandung dalam dark chocolate juga diketahui mampu melindungi sel dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel tubuh dan organ. Flavonoid juga menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol LDL (yang buruk) hingga 10%. Selain mampu menurunkan LDL, flafanoid yang terkandung dalam dark chocolate diketahui mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi resistensi insulin sehingga tubuh mampu menggunakan insulin tubuh Anda secara efisien. Dampaknya, gula darah akan semakin terkontrol ketika Anda makan coklat hitam.
  3. Manfaat coklat hitam selanjutnya adalah baik untuk otak. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa konsumsi coklat hitam mampu membuat seseorang lebih meningkatkan kewasapadaan selama 3 jam. Selain itu, rasanya yang lezat dan meleleh di mulut mampu melepaskan neurotransmitters (endorphins) yang dipercaya mampu memberikan ketenangan bagi orang yang mengkonsumsinya.
  4. Sebuah studi Swiss menemukan bahwa makan hanya 40 gram dark chocolate setiap hari, secara signifikan mengurangi tingkat kortisol yang merupakan hormon stres. Coklat hitam juga mengandung bahan kimia serotonin yang bertindak sebagai antidepresan.
  5. Dark Chocolate mengandung phenylthylamine (PEA) yang merupakan bahan kimia yang otak Anda menciptakan ketika Anda merasa seperti Anda sedang jatuh cinta! Hal inilah yang menyebabkan ada perasaan bahagia ketika kita selesai mengkonsumsi coklat.
  6. Sebuah penelitian yang dilakukan di London menemukan bahwa orang yang makan cokelat hitam selama tiga bulan, membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk kulit mereka memerah saat terkena UV, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan coklat. Hal ini disebabkan oleh flavonoid yang terkandung dalam dark chocolate akan mampu meningkatkan aliran darah ke kulit dan melindungi kulit dari sinar UV yang berlebihan

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan berguna untuk anda.

Leave a reply "Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan"