Mempelajari Pengertian Pasar Global

556 views

lupinlupin.com – Mempelajari Pengertian Pasar Global, Mempelajari Pengertian Pasar Global

Mempelajari Pengertian Pasar Global

Pengertian pasar global adalah pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Pasar global mengalami perkembangan yang pesat belakangan ini karena beberapa faktor, antara lain:
Adanya beberapa negara industri yang mampu menghasilkan produk berkualitas dengan harga murah, misalnya China dan Taiwan

  • Semakin banyak orang yang melakukan perjalanan antar negara yang secara langsung menjadi konsumen global
  • Semakin banyaknya transportasi antar negara yang mempermudah distribusi produk
  • Perdagangan dunia semakin meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan pasar dunia

Jika sudah memahami pengertian pasar global dengan baik, tentunya kita bisa menyimpulkan bahwa pasar global adalah peluang bisnis yang sangat besar dan menantang. Ketika suatu orang atau perusahaan memutuskan untuk ikut serta dalam pasar global, maka terbukalah kesempatan baginya untuk mengembangkan bisnisnya dan meraih lebih banyak keuntungan. Beberapa kesempatan tersebut antara lain:

  • Perusahaan dapat membuka pabrik di negara lain yang upah buruhnya lebih murah
  • Perusahaan dapat membuka kantor cabang dan pabrik cabang di beberapa tempat di seluruh dunia untuk mempermudah dan mempermurah distribusi produknya
  • Perusahaan dapat memperoleh target konsumen yang lebih banyak dengan memperkenalkan produknya di negara lain yang potensial

Namun, setara dengan kesempatan yang ditawarkan, di pasar global juga ada berbagai macam masalah dan kendala yang harus siap dihadapi oleh seluruh pelaku pasar. Seorang pebisnis yang hebat, tentunya akan dapat menemukan solusi yang kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Berikut adalah beberapa macam kendala yang menantang para pelaku bisnis pasar global:

Perbedaan Budaya dan Selera

Produk yang laku keras di suatu negara, bisa jadi tidak menarik sama sekali bagi masyarakat di negara lain. Misalnya, sepeda motor Honda laku keras di Indonesia, sementara di Eropa, produk ini tidak ada peminatnya.

Perbedaan Daya Beli Masyarakat

Jika produk yang dijual melalui pasar bebas memiliki harga yang terlalu tinggi atau justru terlalu rendah di negara targetnya, maka kemungkinan produk tersebut tidak akan memperoleh banyak pembeli. Misalnya, kaos – kaos murah buatan China tidak akan laku di Prancis karena daya beli masyarakatnya yang sangat tinggi.

Peraturan Nasional

Produk yang banyak diminati masyarakat di suatu negara, bisa jadi tidak bisa jual ke negara tersebut jika negara tersebut memiliki peraturan khusus yang membatasinya. Misalnya, di Indonesia, mobil yang terlalu mewah seperti limousine tidak boleh masuk ke Indonesia. Jadi, perusahaan limousine di negara manapun tidak ada gunanya jika mereka bermaksud menjual produknya ke Indonesia.

Sekian yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian pasar global. Semoga bermanfaat!

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Mempelajari Pengertian Pasar Global, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Mempelajari Pengertian Pasar Global berguna untuk anda.

Leave a reply "Mempelajari Pengertian Pasar Global"

No related post!