Mengenal Macam-macam Gelombang

345 views

lupinlupin.com – Mengenal Macam-macam Gelombang, Mengenal Macam-macam Gelombang

Mengenal Macam-macam Gelombang

Sederhananya, gelombang diartikan sebagai sebuah getaran yang merambat. Meski demikian, tidak semua getaran bisa diasumsikan sebagai gelombang. Dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa menjumpai gelombang dengan mudahnya. Hanya saja, mungkin kita abai pada detil dari gelombang tersebut. Salah satu jenis gelombang yang mudah dijumpai adalah gelombang cahaya. Pernah memperhatikan cahaya matahari yang sampai pada bumi? Cahaya ini diartikan sebagai gelombang. Anda bisa melihat secara kasat mata berkas cahayanya, namun tentu tidak getarannya. Selain cahaya, masih ada beragam macam gelombang ini. Lengkapnya, kami urai sebagai berikut.

Pembagian Jenis Gelombang

Macam-macam gelombang ini dibagi berdasarkan sifat tertentu. Pembagian ini juga dimaksudkan agar kajian terhadap macam-macam gelombang tersebut lebih menyeluruh.

Jika merunut pada arah perambatannya, maka gelombang bisa dibagi ke dalam dua jenis, yakni:

  1. Gelombang transversal. Yakni jenis gelombang dengan arah getaran yang tegak lurus dengan arah rambatannya. Satu gelombang dalam jenis ini terdiri atas satu lembah dan juga satu bukit. Contoh gelombang transversal ini adalah gelombang pada riak air dan gelombang pada benang yang digetarkan.
  2. Gelombang longitudinal. Jenis gelombang yang satu ini memiliki arah perambatan yang berhinpitan dengan arah getarannya di setiap bagian yang ada. Gelombang ini berupa rapatan juga renggangan. Contohnya adalah gelombang pada slingki atau pegas yang Anda tarik kemudian dilepas. Contoh lain dari gelombang longitudinal ini adalah gelombang bunyi.

Macam-macam gelombang jika didasarkan pada ada atau tidaknya medium perambatannya, terdiri atas:

  1. Gelombang mekanik. Jenis gelombang yang satu ini memerlukan keberadaan medium. Medium ini bisa bermacam-macam baik itu padatan, gas atapun cairan. Contoh medium ini adalah tali, air, slinki atau udara. Fungsi medium ini sendiri adalah untuk menyalurkan energi agar proses penjalaran gelombang bisa berjalan. Contoh gelombang mekanik adalah gelombang bunyi. Ia memerlukan perubahan tekanan udara di dalam ruang sebagai medium. Tanpa udara maka sudah pasti suara tak bisa merambat. Contoh lainnya adalah gelombang ombak di pantai. Tanpa air maka ia tak akan bisa muncul sebagai gelombang.
  2. Gelombang elektromagnetik. Jenis gelombang yang satu ini tidak memerlukan adanya medium untuk merambat. Contoh paling nyatanya adalah gelombang cahaya. Misalnya cahaya matahari, tanpa medium apapun ia akan sampai ke bumi.

Macam-macam gelombang apabila didasarkan pada sifat amplitudonya, antara lain:

  1. Gelombang diam atau berdiri (disebut juga gelombang stasioner/gelombang tegak). Jenis gelombang ini memiliki amplitudo yang berubah-ubah. Contoh gelombang jenis adalah senar pada gitar yang dipetik oleh pemainnya.
  2. Gelombang berjalan. Jenis gelombang yang satu ini memiliki amplitudo yang statis atau tetap di tiap titik yang dilalului oleh gelombang itu sendiri. Contohnya adalah gelombang yang ada pada tali.

Secara umum, apapun jenis gelombang tersebut, ia akan selalu terdiri atas getaran baik itu yang kasat mata maupun yang tidak. Energi getaran ini bisa dijumpai lebih detil lagi jika gelombang dikaji mendalam. Kelompok gelombanya yang bersifat mekanik dan juga gelombang elektromagnetik memiliki sifat-sifat yang kurang lebih sama. Sifat tersebut antara lain bisa dipantulkan atau refleksi, bisa dibiaskan atau refraksi, mampu berinterfasi atau dipadukan, dipersasi, mengalami difraksi atau pelenturan serta polarisasi.

Demikian macam-macam gelombang yang dikenal dalam kajian ilmiah. Dalam keseharian kita bisa menjumpai bermacam-macam gelombang. Untuk menentukan jenisnya, tentu Anda harus memahami sifat gelombang itu sendiri. Dan tidak menutup kemungkinan, satu jenis gelombang masuk ke dalam dua macam kelompok gelombang. Misalnya saja gelombang cahaya, ia digolongkan sebagai gelombang elektromagnetik karena perambatannya yang tanpa medium dan sebagai gelombang longitudinal karena arah perambatannya yang paralel.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Mengenal Macam-macam Gelombang, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Mengenal Macam-macam Gelombang berguna untuk anda.