Pengalaman Kredit HP Murah Pake Kredivo Buat Hadiah Lebaran

236 views

aadfgfgr

Halo! Nggak kerasa puasa udah lewat, Lebaran juga udah abis, sekarang waktunya ngencengin ikat pinggang dan ngisi tabungan lagi.

Ngomong-ngomong soal puasa dan Lebaran kemarin, salah satu cara ngehemat pengeluaran Lebaran versi saya adalah dengan ngandelin fasilitas kredit. Eits, ini maksudnya bukan ngajarin untuk “ngutang”, ya.

Tapi, tujuannya supaya cashflow saya selama bulan puasa dan setelah puasa tetep lancar. Jadi, nggak impulsif ngabisin duit tabungan atau THR sekaligus buat beli cash kebutuhan puasa dan Lebaran. Karena kalo sampe rekening tabungan kosong kan repot juga kalo ada urusan mendadak.

Nggak semua barang dikredit juga. Sebagian ada yang saya beli tunai kalo harganya masih kejangkau, nah kalo udah juta-jutaan (dan emang butuh), saya pilih pake kredit. Contohnya hp baru buat kado Lebaran adik saya, saya belinya ngandelin kredit hp murah. Kebetulan saya emang udah janji sama adik saya yang kedua, kalo IPK semester ini tembus 3,7, hp Samsung Galaxy-nya yang udah 4 taun dipake bakalan saya gantiin sama iPhone 8.

Terus, saya nyari-nyari referensi ke temen, di forum-forum, sampe review orang-orang, ketemulah sama Kredivo di sini. Kredivo ini semacam fasilitas kredit instan online yang bisa dipake untuk kredit barang apa pun di merchant, termasuk hp. Yang bikin saya tertarik pake Kredivo karena nggak ada dp, nggak perlu kartu kredit, dan prosesnya online, jadi nggak pake ribet.

Pengalaman saya kredit hp murah online pake Kredivo, step-stepnya lumayan gampang dan sama sekali nggak ngeribetin. Dalam waktu kurang dari seminggu, iPhone 8 pesenan saya udah nyampe di rumah. Nah, kali ini, saya mau ngeshare nih tahapan-tahapan kredit hp murah tanpa dp pake Kredivo.

Daftar akun via aplikasi Kredivo

Karena basisnya online, buat daftar Kredivo, saya download dulu aplikasinya di Google Play Store. Oh ya, di App Store juga tersedia kalo kamu pake iPhone.

Kalo kamu belum pernah pake Kredivo, jangan mikir soal berkas-berkas persyaratan yang rumit, harus difotokopi, dan yang ribet-ribet lainnya, ya. Jaman udah makin canggih dan inovatif, termasuk juga cara kredit. Pake Kredivo, selain online, semua berkas juga serba digital. Tinggal foto pake hp, terus upload deh di aplikasi Kredivo.

Yang penting, sebelum daftar, pastiin kalo kamu udah berumur minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Denpasar, atau Medan.

Kalo udah memenuhi syarat, habis download, buka aplikasi terus klik “Apply for Kredivo” dan sambungin akun Facebook buat proses verifikasi. Iya, nyambungin akun Facebook pribadi (yang asli) ini jadi salah satu tahapan wajib dalam proses registrasi akun Kredivo.

Selanjutnya, ada dua metode kredit yang ditawarin Kredivo. Kamu bisa apply buat yang “Bayar dalam 30 hari” atau yang “Cicilan”. Bedanya apa? Bedanya di suku bunga, pilihan tenor, dan jumlah plafon yang dikasih. Buat yang “Bayar dalam 30 hari”, plafon kredit maksimal yang bisa dikasih Kredivo adalah Rp 3 juta, tanpa dikenakan bunga alias 0%, dan kita mesti bayar pinjamannya dalam waktu 30 hari sejak transaksi. Sementara yang “Cicilan” ini paling favorit karena plafon kredit maksimalnya bisa sampe Rp 20 juta, pilihan tenornya banyak: 3/6/12 bulan, dan yang paling yahud adalah bunganya paling rendah dibanding penyedia kredit sejenis, cuma 2,95% per bulan.

Karena saya mau kredit iPhone 8 dengan harga 2 digit, maka saya pertama kali apply untuk yang metode cicilan. Saya pilih metode cicilan reguler dengan persyaratan: sambungin 1 akun e-commerce yang ada histori transaksi, upload foto KTP, bukti tempat tinggal (STNK & KK), dan bukti penghasilan (slip gaji dan rekening koran).  Buat ukuran ngajuin kredit, syarat ini terbilang gampang dan praktis banget. Habis itu, saya submit semua data, dan nunggu dalam waktu sekitar 1 x 24 jam. Nggak pake lama, saya daftar jam 1 siang, eh besok paginya udah ada notifikasi approval kredit dari Kredivo plus jumlah plafon kredit yang dikasih.

Berapa plafon kreditnya? Jumlahnya kebetulan lebih banyak sedikit dari bujet sebuah iPhone 8. Kalo saya pake untuk kredit iPhone 8, jadi masih sisa plafon kreditnya. Kebetulan saya emang nggak dapet plafon kredit maksimalnya yang Rp 20 juta. Kenapa? Nah kalo menurut saya, ini kembali lagi pada kebijakan analis kredit sebelum ngasih plafon ke calon debitur. Pertimbangannya bisa dari jumlah penghasilan per bulan sampe histori kredit kita. Buat saya, plafon belasan juta ini udah lumayan banget, dan masih sesuai dengan kapasitas saya buat bayar angsurannya.

Bandingin harga hp di merchant rekanan Kredivo

Oh ya, ada satu lagi yang bikin saya yakin pake Kredivo: keamanan & kredibilitasnya terjamin. Selain udah diawasin sama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ada jaminan enkripsi data pribadi & transaksi pengguna, Kredivo juga menggandeng berbagai e-commerce ternama di Indonesia sebagai mitra, kayak Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.id, Shopee, dan yang lainnya. Totalnya ada sekitar 200 lebih merchant yang udah jadi partner resmi Kredivo.

Jadi, habis dapet plafon kredit dari Kredivo, saya nggak pake bingung atau nyari-nyari merchant lagi. Tinggal masuk ke aplikasi Kredivo, terus cek bagian menu “Merchants”. Nah, di situ udah ada semua daftar merchant yang dibagi berdasarkan jenisnya. Waktu itu, sebelum kredit iPhone 8, saya ngebandingin dulu harga pasaran iPhone 8 yang dijual di beberapa merchant dalam kategori ‘Top Merchants” dan “Gadget & Elektronik”.

Ngebandingin harga, spesifikasi, dan garansi, ini sifatnya penting, supaya kita bisa dapat harga terbaik dengan kualitas produk yang sesuai. Yang paling penting, supaya nggak ketipu sama seller abal-abal. Makanya, minimal kita harus cek ulasan, rating seller, sampe komunikasi langsung dengan sellernya.

Setelah dapet harga pasaran yang sesuai, sekitar Rp 11 jutaan, saya pilih merchant online Tokopedia buat kredit hp murah tanpa kartu kredit via Kredivo.

Cek simulasi cicilan & transaksi di merchant

Seperti biasanya transaksi di merchant online, pas udah yakin sama seller dan iPhone 8 yang dipilih, saya langsung checkout, pilih metode pengiriman, dan nyelesein transaksi. Pas di halaman metode pembayaran Tokopedia, saya pilih Kredivo dan “Cicilan Tanpa Kartu Kredit”. Terus, saya login ke akun Kredivo dan secara otomatis bakal diarahin ke laman pembayaran Kredivo.

Di laman ini, simulasi cicilan iPhone 8 saya juga ditampilin secara transparan sesuai dengan pilihan tenor cicilan yang saya ambil. Karena harga iPhone 8 yang lumayan mahal, saya pilih tenor paling panjang: 12 bulan. Di laman ini juga saya bisa lihat berapa total jumlah angsuran per bulan yang harus saya bayar beserta suku bunganya, selama 12 bulan. Nggak pake dp atau pun biaya tahunan.

Karena saya setuju dengan simulasinya, saya tinggal lanjutin prosesnya, check box agreement atau persetujuan kredit, dan masukin password akun beserta OTP. Dalam waktu 2 menit, transaksi selesai.  Sekitar 3 hari setelah transaksi, iPhone 8 yang saya pesan udah nyampe ke rumah. Spesifikasi & kelengkapannya juga sesuai dengan yang saya konfirmasi ke seller. Bisa dibilang, saya cukup impressed pake Kredivo pertama kali buat buat kredit “barang mahal”. Awalnya deg-degan juga sih takut transaksi gagal atau pendaftaran akun ditolak, tapi ternyata, semua berjalan lancar.

Leave a reply "Pengalaman Kredit HP Murah Pake Kredivo Buat Hadiah Lebaran"