Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia

124 views

lupinlupin.com – Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia, Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia

Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia

pengertian budaya politik

Dalam ilmu sosiologi, ada beberapa pendapat mengenai pengertian budaya politik. Namun jika ditarik kesimpulannya, budaya politik dapat diartikan sebagai cara pandang dan sikap yang ditunjukkan oleh masyarakat terhadap sistem administrasi, pengelolaan negara, hukum, adat, dan berbagai macam norma lain yang berlaku di masyarakat tersebut.

Secara umum, budaya politik ada 3 jenis, yaitu:

  1. Budaya Politik Apatis, adalah ketika seseorang merasa acuh dan tidak peduli pada kondisi politik apapun yang terjadi di lingkungannya
  2. Budaya Politik Mobilitatis, adalah ketika seseorang sengaja didorong atau dimotivasi untuk peduli terhadap kondisi politik tertentu
  3. Budaya Politik Partisipatif, adalah ketika seseorang berperan aktif dalam membentuk kondisi politik di lingkungannya sendiri

Setelah memahami pengertian budaya politik, selanjutnya mari kita bahas mengenai pola-pola budaya politik yang ada di Indonesia, misalnya :

Perbedaan Hierarki

Hierarki seseorang akan sangat mempengaruhi sikap yang diterimanya dari orang lain. Misalnya, orang yang muda harus berbicara dengan halus kepada orang yang tua, sementara orang tua bisa berbicara seenaknya pada orang yang muda. Hal tersebut dianggap sangat wajar. Sementara di beberapa negara lain, bahasa yang digunakan oleh orang muda dan orang tua sebetulnya sama saja.

Patronage

Patronage adalah kecenderungan untuk mencari dukungan ke atas daripada ke bawah. Maksudnya, jika seorang bupati ingin menjadi gubernur, maka dia akan mencari dukungan kepada para dewan dan menteri terlebih dahulu ketimbang berusaha mensejahterakan rakyat dan bawahannya.

Ikatan Primordial

Indonesia adalah negara dengan akar budaya dan adat istiadat yang kuat. Hal tersebut masih tetap ada bahkan di jaman modern seperti sekarang ini. Nilai – nilai yang mereka percayai dari adat, tetap masih mereka aplikasikan hingga sekarang. Misalnya, lelaki minang tetap harus menjalankan tradisi rantau walaupun di daerahnya sudah banyak pendidikan dan pekerjaan yang baik.

Paternalisme

Di dalam dunia kerja, masih banyak orang yang lebih terfokus untuk menyenangkan atasan ketimbang mencapai prestasi dengan caranya sendiri. Misalnya, ketika seseorang memiliki ide yang bagus untuk memajukan perusahaannya tetapi atasannya punya ide lain, maka dia akan memuji ide atasannya tersebut. Padahal mungkin dalam hati kecilnya berpendapat bahwa idenya sendiri akan lebih efektif.

Kira-kira, itulah penjelasan dari kami mengenai pengertian budaya politik, serta beberapa contoh polanya yang ada di Indonesia pada saat ini. Pola budaya politik itu sendiri masih akan terus berkembang dan berubah seiring perkembangan jaman.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia berguna untuk anda.

Leave a reply "Pengertian Budaya Politik dan Polanya di Indonesia"