Pinjaman Uang Berbasis Internet Yang Lagi Viral

85 views

Pengeluaran semakin banyak dari pada pendapatan, banyak orang yang terjerat mencari cara agar dapat menutupi kebutuhan itu, Pinjam uang salah satunya. Berbagai langkah dilakukan, dapat melalui instansi perbankan atau creditur yang lain. Ada yang pergi kesanak saudara untuk memperoleh pinjaman dana tambahan. Ada pula yang melalui pinjaman uang cepat online yang saat ini banyak di tawarkan di media internet.

shutterstock_401027071_sptloq

Membahas tentang pinjaman on-line,terkadang orang telah pesimis lebih dulu. Salah satunya berfikir dan takut akan penipuan. Dan berakibat orang malas mencobanya karna merasa prasyaratnya rumit. Walau sebenarnya tidak demikian. Supaya tidak terjadi penipuan berkedok pinjaman on-line. Berikut ini beberapa pengetahuan tambahan yg bisa Anda peroleh.

Ketahui Ciri-Ciri Modus Penipuan Berkedok Pinjaman Online

Tidak semua transaksi keuangan on-line berujung pada penipuan. Walau ada oknum yang memakai media on-line seperti sosial media yang menawarkan transaksi belanja on-line maupun hutang on-line yang berujungpada penipuan.

Agar terlepas dari keadaan yg merugikan seperti itu, kita harus membekali diri dengan informasi bagaimana ciri transaksi yang mungkin saja modus penipuan berkedok utang on-line seperti yang diterangkan di bawah ini.

  1. Merasa Ada Paksaan untuk Jadi Debitur

Debitur yaitu orang yang meminjam dana pada pihak creditur. Hal semacam ini berlaku juga untuk type pinjaman on-line. Tetapi, Anda pada saat mengajukan pinjaman kemudian di-follow up terlalu berlebihan serta berkesan ada paksaan supaya jadi debitur. Mungkin saja ini adalah modus penipuan yang akan menjerat targetnya dengan iming-iming besar uang pinjaman.

  1. Meremehkan Kisah Hutang Sebelumnya

Setiap creditur akan mengecek kisah status pinjaman seseorang melalui cara terhubung System Info Debitur (SID) dengan historis yg dibukukan Bank Indonesia (BI). Jadi, kalau terdapat sejarah hutang yang jelek berbentuk apapun, seperti menunggak angsuran credit multiguna (KMG) dari satu bank atau memiliki problem dengan historis pembayaran kartu credit, pada saat mengajukan utang, bersiap saja untuk ditolak.

Dilain pihak ada pula pinjaman on-line yang memberi iming-iming tanpa harus mengetahui histori pinjaman terlebih dulu. Hati-hati dalam memilih modus pinjaman on-line seperti ini. Karna pada intinya, apabila akan mengajukan pinjaman, baik on-line ataupun konvensional pada instansi perbankan, Histori pinjaman sebelumnya merupakan salah satu aspek dalam proses persetujuan pinjaman tersebut.

  1. Memohon Beberapa Uang Jadi Salah Satu Kriteria Pencairan

Ciri yang ke-3 ini paling umum bisa digunakan untuk mengetahui apakah satu pinjaman on-line ini adalah modus penipuan atau tidak. Creditur yg meminta beberapa uang sebelum pencairan bukanlah kriteria agar uang pinjaman dapat dicairkan.

Bila hal diatas terjadi, sudah pasti muncul kecurigaan. Maka sebaiknya bila calon creditur pinjaman on-line meminta beberapa uang, yang disebutkan jadi satu prasyarat jaminan atau biaya administrasi, lebih baik Anda menolaknya. Sewajarnya biaya administrasi tidak besar dan di sampaikan dengan jelas dimuka.

Jangan pernah Anda menjadi korban penipuan on-line berkedok apapun. Pahami tanda-tanda seperti diatas merupakan langkah mudah mencegah penipuan. Apabila Anda memang benar benar ingin mengajukan pinjaman on-line, Anda dapat pelajari mekanisme, langkah kerja, serta hal-hal lain yg berkaitan kriterianya seperti diterangkan berikut ini.