Tips Mengatas Lemari Pakaian Kayu yang Berjamur Dengan Mudah dan Hemat

473 views

Lemari pakaian adalah perabot rumah yang biasanya terbuat dari kayu, triplek, limbah kayu maupun kayu. Lemari pakaian digunakan untuk menyimpan pakaian dan umumnya juga sebagai penyimpanan dokumen penting. Bahan yang paling disukai banyak orang adalah kayu dan limbah kayu yang berupa bubuk kayu. Bahan ini bisa menimbulkan jamur jika tidak dibersihkan secara rutin. Kalau sudah ada jamur berarti pakaian rentan terkena bakteri atau kuman.

Oleh karena itu, lemari ini haruslah selalu bersih dan terawat sehingga tetap memperindah ruangan kamarmu. Mengingat fungsinya sangat penting itu, kamu harus benar-benar menjaganya. Jangan biarkan lemari pakaian berada di suhu dingin atau lembab karena  dapat berjamur serta disukai oleh bakteri maupun kuman, semut dan lainnya. Berikut ini beberapa tips mudah mengatasi dan mencegah lemari dari jamur!

furniture6

Jangan tempatkan lemari pakaian menempel pada dinding

Saat musim hujan, dinding mempunyai kadar kelembaban yang tinggi yang mana disukai oleh jamur. Maka, berikan jarak sekitar 5-10 cm lemari pakaian dari dinding rumah kamu. Pastikan pula ada jarak lemari dengan lantai karena terkadang lantai juga lembab.

Bersihkan lemari pakaian secara rutin

Kamu harus menyempatkan waktu seminggu sekali untuk membersihkan lemari pakaian. Bila perlu jemur lemari di bawah terik sinar matahari setiap 3 bulan sekali. Keluarkan dulu semua pakaian atau barang lain didalamnya ketika menjemur atau membersihkan lemari. Setelah itu, kembalikan seperti semula dan berikan wewangian pula.

Penanganan kalau sudah terlanjur jamuran

Apabila lemari pakaian kamu sudah berjamur, bersihkanlah menggunakan lap kering hingga semua gumpalan hilang. Setelah itu, baru dengan lap basah, selanjutnya biarkan lemari sampai kering. Setelah kering, gosok menggunakan lap yang diberi minyak kayu putih atau alkohol atau bahan lainnya yang efektif membunuh dan membersihkan jamur. Pokoknya pilih bahan yang cepat menguap atau kering.

Pakai kapur barus

Kamu bisa memakai kapur barus untuk membasmi dan menghindarkan lemari pakaian dari jamur. Caranya, ambil kapur barus secukupnya, haluskan dan bungkus dengan kain. Lalu, gosokkan ke permukaan lemari kayu secara merata.

Gunakan lakban

Pakailah lakban untuk melapisi bagian belakang lemari pakaian agar jamur tidak kembali datang. Lakban serapat mungkin, gunanya untuk mencegah kelembaban lemari ketika bersentuhan dinding.

Cat kayu bening

Pilih cat kayu bening atau tidak berwarna dari bahan melamin. Bahan ini tidak disukai oleh jamur dan binatang kecil lainnya. Kamu bisa membelinya di toko bangunan, campurlah dengan tiner. Pakai kuas untuk mengecat lemari pakaian yang berjamur tersebut. Kalau masih bingung penggunaannya, tanyakan pada penjual atau orang yang berpengalaman.

Itulah langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasi dan mencegah lemari pakaian berjamur.

Leave a reply "Tips Mengatas Lemari Pakaian Kayu yang Berjamur Dengan Mudah dan Hemat"